Langsung ke konten utama

[Telegram untuk e-commerce] Kunci untuk mengintegrasikannya ke dalam strategi pemasaran toko online Anda

Menangkap perhatian pelanggan Anda tampaknya semakin sulit. Pemasaran email masih merupakan alat yang sangat efektif, tetapi pengguna tahu sebagian besar triknya sehingga Anda harus berusaha lebih keras untuk membuat mereka membuka email Anda. Dan ketika datang ke media sosial, itu adalah algoritma yang merupakan musuh nyata (atau Biaya per Klik, jika Anda beriklan). Karena alasan ini, semakin banyak toko online memilih aplikasi pesan instan sebagai opsi alternatif. Di pos ini, kami akan fokus pada Telegram - salah satu yang paling populer - dan kami akan memberi tahu Anda:

Apa itu Telegram dan mengapa Anda harus menggunakannya dalam e-commerce Anda
Jika Anda belum pernah menggunakannya, Telegram bekerja serupa dengan WhatsApp. Obrolan pribadi waktu nyata adalah fitur utamanya, tetapi dalam hal bisnis, ini adalah dua opsi paling menarik:

Grup: Dalam kategori ini, kami menemukan grup normal (hingga 200 anggota) dan supergrup (hingga 500 anggota).  Sama seperti WhatsApp, pengguna dapat berbicara secara bebas dalam grup Telegram.
Saluran: Telegram memungkinkan Anda membuat saluran satu arah, di mana hanya administrator yang dapat mempublikasikan pesan.  Setiap pesan baru mencapai pengguna Anda melalui pemberitahuan push. Dalam hal jumlah pengguna, Telegram mencapai 300 juta pengguna aktif pada 2019 (dan terus bertambah).

Jumlah ini masih jauh di bawah WhatsApp, yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna, tetapi itu tidak berarti Anda harus menghapusnya.

Mari kita lihat alasannya.

Manfaat Telegram untuk strategi pemasaran Anda
Pada pandangan pertama, semua aplikasi perpesanan sama, tetapi beberapa karakteristik Telegram membuatnya menonjol dari para pesaingnya:

Tingkat keamanan yang tinggi: Pengguna Anda dapat yakin bahwa setiap detail pribadi yang mereka bagikan dengan Anda aman (seperti informasi perbankan, misalnya) karena sistem enkripsi Telegram yang canggih.  Perusahaan sangat mempercayai sistemnya sehingga bahkan menawarkan hadiah $ 300.000 kepada siapa pun yang mampu melanggar kode.
Bot yang disesuaikan: Bot adalah penawaran tanda tangan Telegram.  Selain chatbot klasik yang dapat mengadakan percakapan dasar dengan pengguna Anda, bot ini juga memiliki bot lain yang melakukan tugas otomatis.  Anda bahkan dapat membuat satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa banyak kesulitan.  Kami akan melihat bagaimana melakukannya nanti.
Kontak tanpa nomor telepon: Banyak pengguna Anda mungkin enggan memberi Anda nomor pribadi mereka untuk mengakses saluran Anda.  Untungnya, itu bukan persyaratan untuk Telegram karena Anda hanya perlu nama panggilan aplikasi mereka untuk menambahkannya, atau Anda dapat mengirimi mereka tautan atau kode akses QR.
Akses dari perangkat apa pun: Data Telegram disimpan di cloud, yang memungkinkan Anda untuk membuka akun yang sama di perangkat yang berbeda, baik itu telepon atau komputer.  Ini sangat berguna jika Anda memiliki administrator yang berbeda di saluran Anda.
Video tanpa batas: tidak seperti WhatsApp, Telegram tidak memiliki ukuran atau batas waktu untuk media yang Anda sertakan dalam pesan, sehingga Anda dapat mengubahnya menjadi semacam saluran pemasaran video.
Jika semua itu tidak cukup, aplikasi juga memiliki API terbuka, sehingga pengembang dapat menambahkan fungsionalitas khusus ke e-commerce Anda.

Tapi Anda bisa santai - fitur standarnya saja sudah banyak untuk memulai.

Sekarang mari kita lihat bagaimana menempatkan aplikasi ini berfungsi untuk strategi e-commerce Anda.

5 tips untuk menggunakan Telegram sebagai alat pemasaran

Pada titik ini, Anda mungkin mencoba mencari cara untuk menjual produk Anda melalui aplikasi ini, yang tentu saja sangat mungkin. Tetapi penjualan langsung tidak harus menjadi tujuan utama Anda saat menggunakan Telegram.  Sebelum mengerjakan penjualan, Anda harus memastikan untuk membuat komunitas pengguna yang sangat erat yang bersedia menerima penawaran Anda. Bahkan, tujuan Anda untuk Telegram bisa serupa dengan strategi pemasaran media sosial Anda:
  • Tingkatkan citra merek Anda. Hasilkan
  • Keterlibatan di antara pengikut Anda.
  • Kenali audiens Anda dengan lebih baik.
  • Ide-ide berikut akan membantu Anda melakukan hal itu.
1. Menarik pengguna ke saluran Anda

Sebagian besar pengguna masih tidak terbiasa menghubungi perusahaan melalui Telegram, sehingga mereka tidak mungkin menjangkau saluran Anda secara organik. Karena itu, untuk mendapatkan pengikut pertama Anda, Anda harus mencarinya sendiri.

Berikut adalah dua ide untuk itu:

Promosikan akun Anda: Jika Anda memiliki fondasi pengikut yang kuat di media sosial atau di daftar pemasaran email Anda, gunakan itu.  Biarkan audiens Anda tahu bahwa Anda akan membuka saluran di Telegram dan memberi tahu mereka manfaat yang akan mereka dapatkan jika mereka bergabung.
Tawarkan sesuatu kepada mereka sebagai imbalan: Jika mempromosikan saluran baru Anda tidak cukup, Anda dapat memberi hadiah kepada pengikut Anda sebagai imbalan untuk mengikuti Anda.  Misalnya, salah satu magnet utama Anda.
Satu saluran akan dilakukan jika Anda tidak memiliki banyak pengguna di Telegram, tetapi pada akhirnya mungkin perlu membuat satu untuk masing-masing persona pembeli Anda.

Mari kembangkan ide ini sedikit lebih jauh.

2. Pilah pengguna menjadi saluran dan grup

Jangan lupa bahwa Telegram adalah bagian dari saluran konversi Anda. Dan, seperti yang Anda tahu, semakin banyak pengguna yang tersegmentasi, semakin tinggi tingkat konversi Anda. Tidak yakin apa yang sedang kita bicarakan?  Ini sebuah contoh. Bayangkan Anda memiliki e-commerce elektronik. Dalam hal ini, Anda dapat membuat:
  • Saluran umum tempat Anda mengeposkan konten lain-lain serta berita yang memengaruhi toko Anda.
  • Dua atau tiga saluran untuk kategori produk paling populer Anda (ponsel, laptop, dan kamera DSLR, misalnya).  Anda dapat menggunakan saluran ini untuk memposting penawaran dan konten blog khusus per subjek.
Anda dapat membuat grup atau saluran pribadi untuk klien terbaik Anda tempat Anda berbagi penawaran dan diskon eksklusif. Itu akan menjadi cara yang baik untuk menumbuhkan loyalitas klien, sehingga mereka terus membeli.

3. Gunakan bot untuk mengotomatisasi saluran Anda

Bot telah menjadi bagian yang melekat dari Telegram hampir sejak saat aplikasi lahir. Dan pengalaman adalah nilai tambah. Bot Telegram memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan tindakan yang berbeda dalam grup dan saluran Anda, seperti:
  • Menjawab FAQ: biaya pengiriman Anda, jam buka untuk toko fisik Anda, dan banyak lagi - semua pertanyaan yang Anda tanyakan berulang kali setiap hari dapat ditangani oleh chatbot.
  • Membagikan posting Anda: bayangkan posting blog terbaru Anda atau pembaruan media sosial dipublikasikan secara otomatis di saluran Telegram Anda?  Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur bot untuk menangani hal-hal semacam ini.
  • Menerima pembayaran: sesuatu yang tidak semua orang tahu adalah bahwa, selama beberapa tahun sekarang, Telegram telah memungkinkan pengguna untuk membayar suatu produk tanpa meninggalkan aplikasi.
  • Aplikasi itu sendiri memiliki beragam bot sesuai keinginan pengguna.  Yang mengatakan, jika tidak ada opsi yang telah ditentukan yang cocok untuk Anda, Anda dapat menggunakan bot yang dirancang khusus untuk membantu Anda membangun sendiri: BotFather.
Ini cukup sederhana untuk digunakan dan Anda bahkan tidak perlu tahu apa-apa tentang pemrograman. Anda hanya perlu mengakses obrolan BotFather dan mengikuti instruksi (jika Anda butuh bantuan, ada tutorial lengkap tentang blog MiPosicionamientoWeb, dalam bahasa Spanyol). Setelah selesai menyiapkan bot, Anda hanya perlu menetapkannya ke saluran atau grup dan menjadikannya administrator.

4. Gunakan Telegram sebagai saluran layanan pelanggan

Tak perlu dikatakan bahwa otomatisasi dan chatbots adalah alat yang sangat ampuh untuk meningkatkan pengalaman pelanggan e-commerce Anda. Tetapi ketika pelanggan Anda memiliki pertanyaan yang kompleks, mereka ingin dibantu oleh manusia secara langsung. Dan, karena memungkinkan Anda melakukan percakapan waktu nyata, aplikasi pengiriman pesan seperti Telegram adalah saluran layanan pelanggan yang sangat baik. Selain itu, karena Telegram tidak memiliki batasan ukuran untuk media, Anda dapat mengirim video untuk menjawab pertanyaan apa pun yang lebih efektif diselesaikan dengan alat bantu visual (seperti pertanyaan tentang perakitan atau fungsi salah satu produk Anda, mungkin).

5. Gambarkan merek Anda dengan stiker

Stiker adalah fitur yang sangat khas pada Telegram. Meskipun WhatsApp juga sudah mulai menerapkannya, Telegram masih tetap di atas dengan koleksi stiker yang lebih besar di galeri mereka dan dengan desain yang lebih baik. Stiker bukan hanya wajah tersenyum kecil yang menggambarkan emosi seperti halnya emoji - ini adalah ilustrasi, foto, dan bahkan animasi gif. Memasukkan stiker dalam komunikasi Anda adalah cara untuk membuat penampilan e-commerce Anda lebih segar dan lebih menyenangkan (asalkan sesuai dengan citra merek Anda).

Mari kita selangkah lebih maju.

Bagaimana dengan membuat paket stiker yang terkait dengan bisnis Anda?  Cobalah sesuatu yang menyenangkan yang mencakup logo Anda atau warna perusahaan Anda.

Itu akan menjadi cara yang sangat orisinal untuk meningkatkan branding Anda.

Siap melepaskan potensi penuh Telegram untuk kepentingan e-commerce Anda?
 Pemasaran melalui aplikasi perpesanan seperti Telegram tetap merupakan pasar yang belum tergali.

Jika Anda tidak ingin ketinggalan dan membiarkan kompetisi menyalip Anda, unduh, daftar dan mulai tambahkan pengguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Insomnia (Sulit Tidur)

Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.di sini akan kami jabarkan penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya:

Karakter Amerika Sebuah Negara Yang Bergerak Dinamis Menuju Era Alkulturasi

Bagi para sarjana sejarah yang mendalami spesifikasi keahlian mengenai Sejarah Amerika, sering bertanya mulai sejak kapan karakter Amerika dibentuk? Apa sejak tahun 4 Juli 1776 atau sampai saat ini masih terus berjalan karena proses alkulturasi masih belum se

Apa Itu Open Source Software ?

Open source mengacu pada program atau software yang kode sumber (bentuk program ketika programmer menulis program dalam bahasa pemrograman tertentu) tersedia untuk masyarakat umum untuk digunakan dan / atau modifikasi dari desain aslinya gratis . Kode sumber terbuka biasanya dibuat sebagai upaya kolaborasi di mana programer memperbaiki kode dan berbagi perubahan dalam masyarakat. Alasan Dibalik Open Source Software Alasan untuk gerakan ini adalah bahwa kelompok yang lebih besar dari programmer tidak peduli dengan kepemilikan kepemilikan atau keuntungan finansial akan menghasilkan produk yang lebih berguna dan bug-gratis bagi semua orang untuk digunakan. Konsep bergantung pada peer review untuk menemukan dan menghilangkan bug dalam kode program, proses yang dikembangkan secara komersial dan program dikemas tidak mempekerjakan. Berada di Momen Ponsel: Mengelola Hari Mobile App Tantangan dengan Optimisasi Pembangunan dan Perbaikan berkelanjutan Dasar-dasar di balik Open Source