Langsung ke konten utama

[Pemasaran Otomatis] Sistem untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan toko online Anda

Bayangkan memiliki tenaga penjual yang bekerja 24 jam sehari untuk mengubah prospek toko e-commerce Anda menjadi pelanggan baru. Sekarang bayangkan mereka juga dapat mendeteksi waktu yang tepat untuk mengirim penawaran ke masing-masing kontak tersebut. Dan, sebagai tambahan, bayangkan mereka bertugas mengubah mereka menjadi klien setia begitu mereka melakukan pembelian pertama.

Kedengarannya luar biasa, bukan?

Ya, sistem ini ada dan disebut pemasaran otomatis.

Ini adalah strategi yang akan membantu bisnis Anda tumbuh sambil menghemat waktu Anda dan meningkatkan keuntungan tindakan pemasaran Anda. Jika ini benar-benar tepat, baca terus karena kami akan memberi tahu Anda semua tentang pemasaran otomatis dan bagaimana menerapkannya pada strategi penjualan toko online Anda. Siap menempatkan penjualan Anda secara autopilot?

Apa pemasaran otomatis itu dan mengapa Anda harus menerapkannya ke toko e-commerce Anda?

Pertama-tama, mari kita mulai dengan definisi.

Pemasaran otomatis dapat didefinisikan sebagai:

Proses perencanaan dan otomatisasi semua tindakan yang mengubah pengunjung menjadi pelanggan dan menumbuhkan loyalitas mereka. Dengan kata lain, ini terdiri dari membiarkan tindakan otomatis memandu prospek Anda melalui perjalanan pelanggan.  Ini adalah salah satu komponen kunci dari strategi pemasaran masuk. Anda mungkin sekarang berpikir: "Ini semua terdengar hebat, tetapi bisakah saya menerapkannya tanpa membayar lengan dan kaki untuk mendapatkan alat?"

Jawabannya iya.

Sebenarnya, beberapa otomatisasi sederhana hanya memerlukan urutan autoresponder.  ;)

Kami akan membahasnya nanti, tetapi pertama mari kita lihat mengapa Anda harus mengotomatisasi strategi pemasaran Anda di tempat pertama.

Keuntungan mengotomatiskan tindakan pemasaran Anda

Sampai saat ini, otomasi pemasaran terbatas pada perusahaan besar.  Namun, semakin banyak toko e-commerce dari segala bentuk dan ukuran kini menemukan kelebihan dari otomatisasi.

Beberapa kelebihannya adalah:

Hemat Waktu: Anda dapat meminta mesin melakukan tindakan berulang tertentu yang secara tradisional ditugaskan kepada orang-orang (seperti email untuk memulihkan gerobak yang ditinggalkan atau urutan untuk menampilkan penawaran baru).

Penawaran yang Lebih Efektif: Dengan pemasaran otomatis, sistem mengidentifikasi mana yang akan dibeli (karena ia mengelompokkannya berdasarkan interaksi mereka) dan mengirimkan mereka penawaran pada waktu yang tepat, yang meningkatkan tingkat konversi Anda.

Loyalitas yang Lebih Besar: Strategi ini tidak hanya berfokus pada konversi, tetapi juga pada peningkatan loyalitas klien (yaitu, meningkatkan tingkat retensi Anda).

Semua dalam semua, Anda mendapatkan pengembalian investasi yang lebih tinggi untuk kampanye pemasaran Anda. Yang berarti untung lebih besar.

Bagaimana menerapkan otomatisasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan

Otomatis dapat diterapkan ke setiap tahap saluran konversi Anda.

Tetapi Anda harus ingat bahwa tindakan yang akan diterapkan berbeda-beda tergantung di mana posisi pemimpin Anda dalam corong.

Mari kita lihat seperti apa keseluruhan sistem di toko online Anda.

1. Menangkap lead untuk corong Anda

Paling tidak, apa yang Anda perlukan untuk mulai menangkap klien potensial secara autopilot adalah menyiapkan formulir yang terhubung ke platform pemasaran email mana pun yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda letakkan:

Posting Blog: Ketika seorang pengguna menemukan Anda melalui salah satu artikel Anda (itulah sebabnya kami melakukan penulisan SEO), itu normal untuk memberi mereka hadiah (atau magnet utama) sebagai imbalan untuk alamat email mereka.

Halaman Arahan: Itulah sebabnya, alih-alih menautkan iklan ke salah satu kartu produk Anda, Anda dapat mencoba mengarahkan pengguna ke halaman arahan yang menawarkan magnet timah atau semacam voucher sebagai imbalan untuk mendaftar ke daftar email Anda.

Profil Media Sosial: Anda dapat menggunakan media sosial untuk mengirim formulir untuk mendaftar buletin Anda.  Anda juga dapat menggunakan jejaring sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke posting blog Anda atau halaman arahan.

Bagi pengunjung yang pergi tanpa menyelesaikan satu tindakan, kampanye penargetan ulang adalah pilihan lain untuk dipertimbangkan.

2. Mengelompokkan menurut profil klien

Misalkan Anda memiliki toko alat dan memiliki dua profil persona pembeli:

Pemilik bisnis (seperti restoran atau pemasok makanan)

Pelanggan individu

Setiap profil memiliki kebutuhan yang sangat berbeda, jadi langkah pertama adalah mengelompokkannya agar dapat mengirim konten yang berbeda nantinya.

Segmentasi ini dapat diotomatisasi dengan berbagai cara:

Menurut jawaban pada formulir: Formulir Anda dapat mencakup pertanyaan spesifik tentang masalah tersebut sehingga pelanggan Anda sendiri memilih profil mereka, yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkannya sesuai dengan itu.

Menurut konten yang mereka unduh: Dalam kasus toko alat, kebutuhan kontak yang mengunduh magnet timah pada "cara menghemat air di rumah" sangat berbeda dengan seseorang yang mengunduh PDF tentang keuntungan memiliki pirolitik  oven di restoran.

Dengan survei di email selamat datang: Kami menerbitkan posting dengan beberapa gagasan tentang memanfaatkan email selamat datang Anda sebaik-baiknya.  Tetapi bagaimana jika, di atas itu, Anda menyertakan survei yang menanyakan pelanggan baru Anda tentang konten yang paling mereka minati?  Bergantung pada jawaban mereka, sistem akan melabeli mereka secara berbeda dan menentukan urutan email otomatis untuk mereka.

Anda dapat menerapkan segmentasi otomatis ini ke dalam platform pemasaran email seperti ActiveCampaign MailChimp, GetResponse, dll.

3. Menciptakan minat mereka dengan konten pendidikan

Inilah yang kita kenal sebagai pengasuhan timbal.

Ini terdiri dari frase kunci, karena pendatang baru ke database Anda biasanya belum siap untuk membeli. Untuk alasan ini, Anda harus mengirim mereka konten bernilai tinggi sehingga mereka membiasakan diri dengan merek Anda dan bisa melihat dengan tepat bagaimana produk Anda dapat menyelesaikan masalah mereka.

Anda dapat mengirim pelanggan yang mengunduh magnet timah tentang cara menghemat air di rumah dengan urutan email seperti ini:

Peretasan kehidupan untuk menghemat air saat mencuci piring.

Mengapa mengganti mesin cuci Anda akan menghemat hingga 30% untuk tagihan air dan listrik.

Perbandingan mesin cuci paling hemat energi.

Skor memimpin mereka akan tumbuh ketika tingkat pembukaan email mereka meningkat.

Dengan kata lain, itu adalah pertanda bahwa mereka cukup tertarik untuk membeli (mereka hot lead), sehingga mereka siap menerima tawaran.

4. Merangsang konversi

Poin menentukan strategi Anda.

Konten Anda telah membuat suhu salah satu kontak Anda meningkat dan mereka sekarang bersedia untuk membeli produk Anda.  Mereka hanya perlu sedikit dorongan.

Bagaimana Anda bisa memberi mereka sedikit dorongan?  Mengirimkan mereka voucher diskon terbatas waktu atau penawaran eksklusif adalah cara paling sederhana.

Sistem ini biasanya berfungsi baik dengan produk yang lebih murah, tetapi kasing Anda mungkin memerlukan konversi dua langkah.  Misalnya, sampel gratis diikuti dengan diskon.

Jika Anda enggan menawarkan potongan harga, jangan khawatir, karena Anda akan mendapatkan uang yang telah Anda investasikan kembali pada langkah berikutnya.

5. Ubah mereka menjadi klien yang loyal

Setelah Anda berhasil mengubah prospek menjadi klien, Anda masih perlu mengirimkannya konten bernilai tinggi, kali ini untuk menumbuhkan loyalitas.

Jangan pernah lewati langkah ini jika Anda menerapkan sistem pemasaran otomatis karena, seperti yang Anda ketahui, semakin lama nilai pelanggan seumur hidup (CLV), semakin menguntungkan dia.

Kembali ke contoh mesin cuci, pembeli akan merasa sangat berguna jika Anda mengirimi mereka panduan tentang cara mengurangi tagihan air mereka secara khusus dengan model yang mereka miliki.

Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menawarkan produk pelengkap sebagai strategi untuk meningkatkan harga checkout rata-rata toko Anda.

Satu hal yang pasti - Anda akan menjadi pilihan pertama setiap kali mereka membutuhkan alat rumah tangga lain.

6. Jangan lupa untuk menganalisis

Meskipun berada di akhir daftar kami, Anda harus ingat bahwa analitik harus menjadi tugas yang berkelanjutan dalam keseluruhan proses otomasi pemasaran.

Sistem yang Anda terapkan akan menangani segmentasi semua prospek Anda untuk mengubahnya menjadi pelanggan baru, tetapi Anda juga harus memastikan itu berfungsi dengan baik dan untuk terus mengoptimalkannya.

Lacak konversi di setiap tahap dalam proses dan pikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan persentase pengguna yang lebih tinggi untuk mengunduh magnet utama Anda, mengisi formulir halaman arahan Anda, atau membuka email Anda.

Setelah sistem Anda berjalan dan dikonfigurasi dengan benar, penjualan Anda akan meningkat tanpa harus melakukan (hampir) apa pun.  ;)

Jika Anda tidak yakin tentang metrik yang harus Anda lacak di toko Anda, periksa dua pos ini:

Analisis Web untuk e-commerce: metrik mana yang perlu Anda pantau untuk mengetahui apakah bisnis Anda berjalan baik?

Satu tip terakhir tentang pemasaran otomatis

Ingat - situs web Anda adalah tempat seluruh proses ini membuahkan hasil karena semua pengguna Anda akan berakhir di sana ketika mereka siap untuk membeli.

Karena alasan ini, jika Anda ingin sistem pemasaran otomatis Anda menghasilkan hasil yang diinginkan, Anda juga harus memperhatikan pengalaman pengguna situs Anda.

Dan ini membutuhkan (di antara aspek-aspek lain):

Kecepatan memuat cepat

Deskripsi menarik pada kartu produk Anda

Mesin pencari internal yang memandu pelanggan Anda dan mendorong konversi

Bangun sistem ini dan jalankan dan lihat sendiri seberapa cepat penjualan toko Anda mulai naik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Insomnia (Sulit Tidur)

Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.di sini akan kami jabarkan penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya:

Karakter Amerika Sebuah Negara Yang Bergerak Dinamis Menuju Era Alkulturasi

Bagi para sarjana sejarah yang mendalami spesifikasi keahlian mengenai Sejarah Amerika, sering bertanya mulai sejak kapan karakter Amerika dibentuk? Apa sejak tahun 4 Juli 1776 atau sampai saat ini masih terus berjalan karena proses alkulturasi masih belum se

Apa Itu Open Source Software ?

Open source mengacu pada program atau software yang kode sumber (bentuk program ketika programmer menulis program dalam bahasa pemrograman tertentu) tersedia untuk masyarakat umum untuk digunakan dan / atau modifikasi dari desain aslinya gratis . Kode sumber terbuka biasanya dibuat sebagai upaya kolaborasi di mana programer memperbaiki kode dan berbagi perubahan dalam masyarakat. Alasan Dibalik Open Source Software Alasan untuk gerakan ini adalah bahwa kelompok yang lebih besar dari programmer tidak peduli dengan kepemilikan kepemilikan atau keuntungan finansial akan menghasilkan produk yang lebih berguna dan bug-gratis bagi semua orang untuk digunakan. Konsep bergantung pada peer review untuk menemukan dan menghilangkan bug dalam kode program, proses yang dikembangkan secara komersial dan program dikemas tidak mempekerjakan. Berada di Momen Ponsel: Mengelola Hari Mobile App Tantangan dengan Optimisasi Pembangunan dan Perbaikan berkelanjutan Dasar-dasar di balik Open Source