Langsung ke konten utama

5 Generasi Komputer

Pelajari tentang masing-masing dari lima generasi komputer dan perkembangan teknologi utama yang menjadi cikal bakal perangkat saat ini yang kita gunakan saat ini.

Sejarah perkembangan komputer sering merujuk pada generasi yang berbeda dari perangkat komputasi. Masing-masing dari lima generasi komputer ditandai dengan perkembangan teknologi utama yang fundamental mengubah cara komputer beroperasi. Sebagian besar perkembangan mengakibatkan perangkat komputasi yang semakin kecil, lebih murah, lebih kuat dan lebih efisien.
Apakah Lima Generasi Komputer itu?


Anda akan belajar tentang masing-masing dari lima generasi komputer dan perkembangan teknologi yang menjadi cikal bakal perangkat saat ini dan yang kita gunakan saat ini.Dimulai pada tahun 1940 dengan sirkuit tabung vakum.

Generasi pertama (1940-1956) Vacuum Tubes

Komputer pertama kali menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk memori, dan mengambil banyak ROOM.Sangat mahal untuk pengoperasiannya dan selain itu juga menggunakan banyak listrik, menghasilkan banyak panas, yang sering menjadi penyebab kerusakan.

Komputer generasi pertama mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat terendah yang bisa dipahami oleh komputer untuk melakukan operasi, dan mereka hanya bisa memecahkan satu masalah pada satu waktu. Masukan didasarkan pada menekan kartu dan pita kertas, dan output yang ditampilkan pada cetakan.

UNIVAC dan ENIAC komputer adalah contoh dari perangkat komputasi generasi pertama. UNIVAC adalah komputer komersial pertama dikirim ke klien bisnis, Biro Sensus Amerika Serikat pada tahun 1951.
UNIVAC
Sebuah komputer UNIVAC di Biro Sensus.



Generasi Kedua (1956-1963) Transistor

Transistor menggantikan tabung vakum dan mengantar generasi kedua komputer. Transistor ditemukan pada tahun 1947, tetapi tidak digunakan secara luas sampai akhir 1950-an. Transistor jauh lebih unggul dari tabung vakum, yang memungkinkan komputer untuk menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, lebih hemat energi dan lebih handal dari pendahulunya generasi pertama mereka. Meskipun transistor masih menghasilkan banyak panas yang bisa merusak komputer, itu adalah kemajuan besar dibanding tabung vakum. Komputer generasi kedua masih mengandalkan kartu menekan untuk input dan hasil cetak untuk output.

Komputer generasi kedua pindah dari samar biner bahasa mesin untuk simbolik, atau perakitan, bahasa, yang memungkinkan programmer untuk menentukan instruksi dalam kata-kata. Bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang berkembang saat ini, seperti versi awal COBOL dan FORTRAN. Ini juga merupakan komputer pertama yang disimpan instruksi mereka dalam memori mereka, yang pindah dari drum magnetik untuk teknologi inti magnetik.

Komputer pertama dari generasi ini dikembangkan untuk industri energi atom.

Generasi Ketiga (1964-1971) Sirkuit Terpadu

Perkembangan sirkuit terintegrasi adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Transistor yang miniatur dan ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang meningkat secara drastis kecepatan dan efisiensi komputer.

Alih-alih kartu menekan dan hasil cetak, pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan monitor dan dihubungkan dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berbeda pada satu waktu dengan sebuah program utama yang memonitor memori. Komputer untuk pertama kalinya diakses oleh khalayak massa karena mereka lebih kecil dan lebih murah dari pendahulunya.

Generasi Keempat (1971-sekarang) Mikroprosesor

Mikroprosesor membawa generasi keempat dari komputer, saat ribuan sirkuit terpadu dibangun ke sebuah chip silikon tunggal. Intel 4004 chip yang dikembangkan pada tahun 1971, terletak semua komponen komputer-dari central processing unit dan memori untuk input / output kontrol-pada satu chip.

Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pertama bagi pengguna rumah, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh. Mikroprosesor juga pindah dari ranah komputer desktop dan ke dalam berbagai bidang kehidupan karena semakin banyak produk sehari-hari mulai menggunakan mikroprosesor.

Seperti komputer kecil menjadi lebih kuat, mereka bisa dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan, yang akhirnya mengarah pada perkembangan Internet. Komputer generasi keempat juga melihat perkembangan GUI, mouse dan perangkat genggam.

Generasi Kelima (Sekarang dan Yang akan datang) Artificial Intelligence

Perangkat komputasi generasi kelima, berdasarkan kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan, meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang sedang digunakan saat ini. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor membantu untuk membuat kecerdasan buatan menjadi kenyataan. Komputasi kuantum dan molekuler dan nanoteknologi secara radikal akan mengubah wajah komputer di tahun-tahun mendatang. Tujuan dari komputasi generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan self-organisasi.

Sirkuit terpadu (IC) adalah perangkat elektronik kecil yang terbuat dari bahan semikonduktor. Sirkuit terpadu pertama dikembangkan pada tahun 1950 oleh Jack Kilby dari Texas Instruments dan Robert Noyce dari Fairchild Semiconductor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Insomnia (Sulit Tidur)

Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.di sini akan kami jabarkan penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya:

Karakter Amerika Sebuah Negara Yang Bergerak Dinamis Menuju Era Alkulturasi

Bagi para sarjana sejarah yang mendalami spesifikasi keahlian mengenai Sejarah Amerika, sering bertanya mulai sejak kapan karakter Amerika dibentuk? Apa sejak tahun 4 Juli 1776 atau sampai saat ini masih terus berjalan karena proses alkulturasi masih belum se

Apa Itu Open Source Software ?

Open source mengacu pada program atau software yang kode sumber (bentuk program ketika programmer menulis program dalam bahasa pemrograman tertentu) tersedia untuk masyarakat umum untuk digunakan dan / atau modifikasi dari desain aslinya gratis . Kode sumber terbuka biasanya dibuat sebagai upaya kolaborasi di mana programer memperbaiki kode dan berbagi perubahan dalam masyarakat. Alasan Dibalik Open Source Software Alasan untuk gerakan ini adalah bahwa kelompok yang lebih besar dari programmer tidak peduli dengan kepemilikan kepemilikan atau keuntungan finansial akan menghasilkan produk yang lebih berguna dan bug-gratis bagi semua orang untuk digunakan. Konsep bergantung pada peer review untuk menemukan dan menghilangkan bug dalam kode program, proses yang dikembangkan secara komersial dan program dikemas tidak mempekerjakan. Berada di Momen Ponsel: Mengelola Hari Mobile App Tantangan dengan Optimisasi Pembangunan dan Perbaikan berkelanjutan Dasar-dasar di balik Open Source